Tips Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang Agar Tidak Kecewa

Image for post
Image for post

Jasa penerjemah tersumpah Tangerang bisa ditemukan iklannya dengan mudah di internet. Namun Anda harus waspada agar tidak terkecoh karena banyak dari mereka yang mengaku sebagai penerjemah tersumpah padahal kenyataannya bukan.

Apa yang dimaksud dengan penerjemah tersumpah, dan bagaimana cara memilih jasa penerjemah yang berkualitas? Silahkan simak tips berikut ini agar Anda tidak salah pilih penerjemah dan merasa kecewa.

Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang, Apa Artinya?

Jasa penerjemah tersumpah di Tangerang adalah mereka yang telah lulus ujian kualifikasi penerjemahan. Penerjemah akan diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta atau pejabat yang ditunjuk dan dikukuhkan melalui SK Gubernur DKI Jakarta.

Seorang penerjemah tersumpah tidak hanya menerjemahkan, namun turut bertanggungjawab atas arti dokumen yang diterjemahkan sehingga tidak berubah dari naskah aslinya. Oleh karenanya perlu bukti keabsahan dan sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga tinggi terkait.

Dokumen yang telah diterjemahkan jasa penerjemah tersumpah akan melalui proses persetujuan dari Kementrian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM sehingga memiliki legalitas yang sama dengan dokumen aslinya.

Penerjemah tersumpah mempunyai tim yang mengurus legalisasi dari kedutaan maupun kementerian Hukum dan HAM. Mereka akan mendaftarkan cap ke kedutaan-kedutaan guna mempermudah pihak kedutaan melakukan validasi hasil terjemahan.

Kemudian, bagaimana cara memilih penerjemah yang baik dan kompeten? Berikut tips yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Meminta Rekomendasi Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang yang Kompeten

Jangan sampai Anda keliru memilih penerjemah. Alih-alih memperoleh penerjemah tersumpah, Anda justru akan mendapatkan jasa penerjemah freelance yang tidak memiliki sertifikasi.

Bila Anda pertama kali mengurus dokumen untuk ke luar negeri, penting untuk meminta rekomendasi dari orang terpercaya. Tanyakan kepada kenalan yang pernah menggunakan perusahaan jasa penerjemah dan merasa puas atas pelayanan mereka.

Apabila tidak ada teman dekat yang pernah menggunakan penerjemah tersumpah, lihatlah daftar kliennya. Reputasi seorang penerjemah tersumpah dapat terlihat dari jumlah klien yang menggunakan jasa mereka.

Perhatikan apakah ada perusahaan besar yang menjadi kliennya. Adanya perusahaan besar menunjukkan kredibilitasnya sebagai jasa penerjemah tersumpah Jakarta yang kompeten dan terpercaya.

Menanyakan Sertifikasi Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang

Apabila Anda memperoleh nama jasa penerjemah tersumpah dari iklan dan belum mempunyai referensi terhadapnya, maka lakukan cara berikut.

Mintalah penerjemah menunjukkan sertifikasinya. Sertifikasi ini merupakan jaminan atau bukti bahwa jasa penerjemah tersumpah itu memiliki kualifikasi yang telah diakui secara nasional.

Jenis sertifikasi yang dianggap cukup mewakili keterampilan penerjemah antara lain yaitu sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia.

Sertifikasi nasional lainnya adalah sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Indonesia.

Adapun keahlian penerjemah tersumpah akan lebih meyakinkan bila dilengkapi dengan sertifikasi nasional yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga penyelenggara ujian sertifikasi penerjemah seperti ATA (Amerika) serta NAATI dan AUSIT (Australia).

Meminta Contoh Hasil Terjemahan Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang

Anda dapat meminta contoh hasil terjemahan yang telah dilakukan beserta bahan aslinya. Hal ini bisa dilakukan baik untuk jasa penerjemah yang telah direkomendasikan maupun yang Anda dapatkan sendiri melalui iklan.

Anda juga dapat menguji dengan memberikan beberapa lembar halaman awal dari dokumen yang hendak diterjemahkan. Perhatikan gaya bahasa, susunan kalimat, dan ketepatan penggunaan ejaan. Arti terjemahan tidak boleh melenceng dari isi dokumen aslinya.

Anda dapat menilai kecepatan penerjemah dalam menerjemahkan dokumen, serta mutu terjemahan dengan cara ini. Apabila telah menemukan penerjemah yang memenuhi syarat, maka Anda bisa melanjutkan kerjasama dengan membahas tarif dan membuat kontrak.

Tarif Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang

Harga dalam penerjemahan dokumen sangat bervariasi. Beberapa perusahaan menghitung biaya per halaman, bahkan per kata. Ada juga yang menghitung per dokumen, hingga per jam.

Biaya yang bervariasi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti tingkat kesulitan, lama waktu yang dibutuhkan, maupun ketersediaan tenaga bahasa dan tenaga ahli yang dibutuhkan untuk menerjemahkannya.

Apapun penyebabnya, sangat penting untuk menentukan tarif dari dokumen yang hendak diterjemahkan sebelum melakukan kerjasama. Siapkanlah sebuah kontrak untuk memperkuat kerjasama ini.

Melakukan Kontrak dengan Jasa Penerjemah Tersumpah Tangerang

Saat telah memutuskan untuk menggunakan sebuah perusahaan jasa penerjemah, segera siapkan kontrak. Kontrak ini berguna untuk mengikat kedua belah pihak dalam kerjasama pekerjaan terjemahan.

Kontrak yang disusun harus mengandung beberapa hal penting di antaranya batas waktu pengerjaan, mutu dan kualitas terjemahan, dan besarnya tarif. Saat membahas nilai tarif sertakan juga ketentuan waktu dan cara pembayarannya.

Kontrak harus mengandung cara penyelesaian yang bisa berupa sebuah sanksi apabila salah satu pihak gagal memenuhi keinginan pihak yang lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai jasa penerjemah Tangerang yang dapat disampaikan. Pilihlah perusahaan jasa penerjemah yang kompeten untuk menjamin kualitas terjemahan dan menjaga keamanan surat penting dan dokumen yang hendak diterjemahkan

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store