TIPS: Memilih layanan jasa pembuatan website

Kembali pada tahun 2006, ketika saya membangun website pertama untuk pelanggan pertama. Ia membayar saya, untuk membuat sebuah website perusahaan. Lalu saya membuat websitenya. Lalu proyek itu diproses. Dan saya meletakkan konstruksi situs tersebut di server yang mereka pesan. Pekerjaan selesai. Proses pembayaran selesai. Dan, siklus seperti itu, terjadi beberapa kali.

Sekarang kita sudah mendekati tahu 2020. Saya kembali mengenang dan terbang ke masa itu. Dan tertawa sendiri. Itu adalah gambaran layanan jasa pembuatan website konvensional. Setidaknya, pernah dilakukan saya. Dan beberapa orang yang sama. Dan mungkin masih ada yang melakukannya.

Itu adalah bentuk layanan yang sangat sederhana. Saya tidak benar-benar berpikir tentang tanggungjawab dari biaya yang klien investasikan. Dan mereka sendiri, mungkin berpikir memang begitulah adanya.

Website yang dibuat dengan cara seperti itu, mungkin akan terus eksis, bertahan, dan berkembang, jika pemilik bisnis, berpikir dan berupaya untuk belajar dan mengembangkan websitenya sendiri. Atau menggunakan layanan lain untuk optimasi dan pemeliharaan website.

Dan mungkin juga situsnya mati! Setelah kontrak hosting 1 tahun perdananya, habis.

Saya pribadi, tidak merasa bersalah. Untuk pengalaman itu. Dan pemilik website juga tidak menuntut banyak dari investasi yang sudah dikeluarkan. Karena memang kesepakatannya begitu.

Namun, setelah saya menyadari tentang apa artinya proyek seperti itu, saya mulai menyempurnakan bentuk layanan. Ini bukan hanya tentang bisnis saya, tapi juga orang-orang yang telah memberi kepercayaan pada saya. Ini tentang investasi waktu dan uang. Tentang bahwa itu harus bermanfaat. Pada kedua belah pihak.

Eksistensi website klien, merupakan bentuk dari karya penyedia layanan jasa pembuatan website profesional.

Artinya, website yang memberi konstribusi pada pemilik bisnis, jelas akan bertahan lama. Sehingga, tidak ada alasan untuk mengabaikan keberadaannya.

Di hampir semua situasi sekarang, Anda tidak dapat membuat website tanpa mendapat semacam layanan pemeliharaan. Karena ini, untuk memastikan situs Anda aktif dan berjalan setiap saat. Dan yang paling penting dapat berkonstribusi terhadap tujuan bisnis.

Ada banyak perusahaan yang menawarkan paket dukungan pembuatan website hari ini, jadi penting bagi Anda untuk memahami apa yang seharusnya Anda tanyakan, dan memastikan Anda mendapatkannya.

Berikut adalah panduan saya untuk hal yang harus Anda yakini masuk dalam paket layanan pembuatan website apa pun;

Cadangan; Cadangan, cadangan, cadangan. Situs Anda perlu dicadangkan. Itu harus terjadi setiap hari. Dan perlu disimpan di luar komputer kantor.

Saya pernah mendengar beberapa orang berkata;

Biarkan saya berbagi cerita yang tidak terlalu menyenangkan. Perusahaan memilih untuk tidak membayar layanan cadangan, yakin bahwa host web mereka melakukan semuanya dengan benar. Dan host web melakukan backup harian. Dan Anda biasanya, bisa melihatnya di panel admin akun hosting mereka.

Namun, hari bencana terjadi!. Layanan server Host web mengalami pemadaman. Pemadaman yang lama. Pelanggan panik, karena situs e-commerce yang digunakan klien untuk melakukan transaksi sepanjang hari sudah tidak ada.

Tidak hanya itu, portal pelanggan mereka untuk akun hosting web mereka juga down. Jadi tidak hanya mereka tidak bisa sampai ke situs mereka, tetapi mereka juga tidak bisa mendapatkan cadangan mereka!

Seandainya mereka menyimpan cadangan di luar situs, mereka dapat, dalam keadaan darurat, membuat akun hosting baru dengan perusahaan yang berbeda. Dan, dengan cepat memuat cadangan situs mereka ke host baru.

Meskipun tidak ideal, itu bisa menyelamatkan mereka beberapa jam dari situs mereka turun, dan ratusan dolar hilang.

Saya sarankan Anda selalu memiliki setidaknya 30 hari cadangan. Dan, menyimpan di suatu tempat terpisah dari host web Anda.

Image for post
Image for post

Point penting yang perlu dibicarakan saat memilih jasa pembuatan website profesional

Pembaruan Inti: Jika Anda menggunakan WordPress untuk situs Anda, akan ada pembaruan. WordPress merilis minimal empat pembaruan inti per tahun. Belum lagi berbagai pembaruan kecil dalam menangani masalah bug dan keamanan.

Dengan dukungan WordPress dan layanan pemeliharaan website, memungkinkan untuk memindai website Anda setiap saat. Dan, melakukan semua pembaruan inti yang tersedia. Ini untuk memastikan website Anda selalu setiap saat.

Pembaruan Plugin; Mirip dengan pembaruan inti, akan ada pembaruan plugin, selama Anda memiliki plugin di situs Anda. Dan jika Anda membangun website dengan WordPress, maka tidak mungkin Anda tidak mengunakan plugin. Ini adalah bagian dari fakta memiliki website dinamis pada tahun 2019.

Pembaruan plugin tidak hanya memberi Anda fitur dan opsi baru, tetapi juga dapat memperbaiki dan mengatasi masalah keamanan.

Menghapus Komentar Spam: Suatu hari, saya diberi akses login untuk website seorang teman. Karena, dia mendapatkan begitu banyak spam dan dia ingin saya membantunya.

Tentu saja, saya ingin membantu. Saya masuk dan memperhatikan bahwa, dia memiliki lebih dari 7.000 komentar spam! Dia tidak hanya mendapatkan komentar spam, tetapi dia juga tidak menghapusnya.

Memiliki banyak komentar spam di situs Anda, meskipun tidak disetujui, akan menghambat basis data Anda. Dan itu, memperlambat kinerja situs Anda. Bagian dari layanan pemeliharaan website yang baik akan menghapus jenis komentar beracun ini.

Pro-tip: Jika Anda memiliki banyak komentar spam yang dibiarkan lolos dari Anda, dan Anda tidak ingin pusing untuk menghapusnya secara manual, Anda dapat menggunakan query SQL. Dengan begitu, mudah untuk menghapus semuanya dari database .

HAPUS DARI wp_comments WHERE comment_approved = ‘0’;

0 dalam kueri itu akan menghapus komentar apa pun yang menunggu moderasi. Dan, saat ini tidak disetujui. (Pastikan untuk membuat cadangan basis data Anda sebelum menjalankan kueri!)

Pemantauan Uptime: Mari kita bicara tentang pemantauan uptime, salah satu jenis pemantauan favorit saya! Ini adalah layanan yang mengawasi website Anda, sehingga jika down, Anda mendapat pemberitahuan.

Saya suka menawarkan ini sebagai layanan, karena saya mendapatkan ping jika website klien mengalami Dan biasanya, saya bisa memeriksa dan mencari tahu, mengapa itu terjadi. Sekaligus dapat cepat untuk memperbaikinya.

Jika Anda tidak memonitor situs Anda untuk , dan Anda tidak terbiasa mengunjungi situs Anda setiap hari, situs Anda bisa mati selama berhari-hari, sebelum Anda menyadarinya.

Pemindaian Keamanan: Kembali ke masa lalu yang indah di web, keamanan adalah sesuatu yang kami terima begitu saja.

Karena situs yang saya buat bersifat statis. Tidak banyak yang bisa diretas. Sekarang, situs saya dinamis. Menggunakan kode dan sistem yang kompleks. Itu bisa menjadikannya target. Beberapa orang akan mencoba memberi tahu Anda bahwa, WordPress tidak aman. Dan Anda tidak boleh menggunakannya. Itu tidak benar. WordPress IS aman!!… Selama Anda menggunakan kata sandi yang kuat. Dan tetap memperbarui perangkat lunak Anda.

Dan terakhir, Anda juga harus mempertimbangkan untuk layanan optimasi mesin pencari (SEO). Karena ini adalah faktor terbesar untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Bahkan jauh lebih hebat dari yang pernah Anda bayangkan.

SEO atau Search Engine Optimazion, memungkinkan website Anda mudah dicari di mesin pencari. Saya akan membahas tentang SEO pada kesempatan lain. Karena ini penting. Dan penjelasannya, harus secara detil. Atau Anda dapat mempelajari layanan jasa SEO Profesional. Untuk pengetahuan awal.

Written by

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store