Tips Cara Mengecat Tembok Pakai Kuas Paling Mudah

Dediariko
3 min readApr 28, 2023

--

Cara mengecat tembok pakai kuas adalah salah satu metode untuk merenovasi dan mempercantik rumah Anda. Namun, mengecat tembok tidak semudah yang dibayangkan.

Kuas adalah alat yang terdiri dari gagang dan bulu yang digunakan untuk mengoleskan cat pada permukaan tembok. Kuas memiliki beberapa kelebihan, seperti mudah digunakan, murah, dan bisa menjangkau bagian sudut atau siku yang sulit dijangkau oleh roller atau spray gun.

Namun, kuas juga memiliki beberapa kekurangan, seperti membutuhkan waktu yang lama, menghasilkan goresan atau garis pada tembok, dan sulit dibersihkan.

Untuk mengatasi kekurangan kuas dan mendapatkan hasil pengecatan yang rapi dan halus dengan kuas, Anda perlu mengetahui cara mengecat tembok menggunakan kuas yang benar. Namun sebelumnya, Anda harus tahu bagaimana tips dalam memilih kuas untuk cat tembok.

Tips Memilih Kuas Untuk Tembok

Memilih kuas untuk dipakai sebagai cara mengecat tembok pakai kuas memang perlu ketelitian. Agar Anda tidak salah dalam memilih kuas, perhatikan hal-hal berikut

Perhatikan Bulu Pada Kuas

Perhatikan bahan bulu kuas Pilih kuas dengan bulu yang kokoh, agar bulu tidak mudah lepas saat digunakan. Ketebalan bulu kuas juga perlu diperhatikan.

Untuk mempermudah proses pengecatan, terutama ketika menggunakan cat berbahan dasar air seperti cat tembok, disarankan untuk menggunakan kuas dengan bulu sintetis yang lentur dan tajam. Kuas dengan bulu runcing dapat memberikan hasil yang lebih merata dan kilau yang lebih baik daripada kuas dengan bulu lebar.

Pilih Gagang Kuas yang Nyaman

Menggunakan kuas juga perlu melihat kenyamanannya Gunakan gagang kuas yang enak untuk digenggam, tidak perlu terlalu berat atau ringan. Dengan begitu, pekerjaan Anda mengecat tembok akan menjadi lebih enak.

Pilih Ukuran Kuas yang Sesuai

Pilih ukuran kuas dari jarak satu sampai dua inci untuk mulai mengecat sisi ruangan. Pada area tembok yang lebih besar, Anda bisa memilih kuas yang besar dengan lebar sekitar 3–5 inci.

Cara Mengecat Tembok Pakai Kuas Dengan Benar

Untuk mengecat tembok menggunakan kuas, sebenarnya terbilang masih sama dengan menggunakan cara lain. Namun, tentunya ada beberapa perbedaan tersendiri. Dengan begitu, Anda juga harus tau bagaimana cara mengecat tembok pakai kuas dengan benar agar hasil maksimal.

1. Siapkan Semua Perlengkapan Sebelum Mulai

Sebelum memulai proses pengecatan dinding rumah, siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan seperti tangga, ember cat, kuas, rol, selotip, amplas, koran, dan dempul.

2. Bersihkan Dinding yang Akan Dicat

Bersihkan dinding sebelum mengecat dari jamur dengan cara mengatasi tembok lembab agar cat baru bisa menempel dengan baik, pastikan permukaan dinding yang akan dicat sudah bebas dari debu. Anda bisa membersihkannya dengan kain atau sikat basah.

3. Tutup Bagian yang Tidak Ingin Terkena Cat

Untuk melindungi bagian yang tidak ingin terkena cat, tutupi dengan koran bagian tersebut. Lalu rekatkan selotip agar koran tersebut tidak terbawa angin. Setelah itu, masuk kebagian cara mengecat tembok pakai kuas selanjutnya.

4. Mulai Mengecat Menggunakan Kuas

Setelah melakukan hal-hal di atas, Anda bisa mulai mengecat menggunakan kuas walaupun sebaiknya menggunakan roll agar lebih praktis. Namun, rol mungkin tidak bisa mencapai sudut-sudut dinding.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kuas kecil. Sebagai referensi, gunakan merk cat yang beredar luas di pasaran seperti Avian Brands maupun merk cat lainnya agar hasil lebih maksimal.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang cara mengecat tembok pakai kuas. Dengan memahami hal-hal tersebut, semoga membantu memberikan warna baru pada dinding rumah Anda.

--

--

Dediariko

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website