Nama Pakaian Adat Bali untuk Pria dan Wanita

Bukan hanya pemandangan alam yang sangat indah, Bali juga mempunyai pakaian adat yang sangat menarik. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik dengan pakaian adat bali. Pakaian tersebut juga mempunya nilai estetika yang tinggi.

Apa Saja Nama Pakaian Adat Bali yang Banyak Orang Belum Tahu

Berikut ini kami akan membagikan informasi yang dikutip dari situs paket tour Bali tentang nama pakaian adat Bali berdasarkan yang dipakai pria dan wanita.

1. Baju Safari

Baju safari termasuk pakaian adat yang dikenakan oleh pria. Baju tersebut mempunyai bentuk yang hampir sama dengan kemeja yang sering kita lihat.

Namun ada sedikit perbedaan yaitu pada baju safari ini terdapat kerah serta dua saku yang ada di sebelah kiri maupun kanan bawah. Kamu juga akan menemukan saku pada dada kiri. Baju safari memiliki makna kebersihan sehingga memiliki warna dominan putih.

2. Udeng

Udeng digunakan sebagai penutup kepala yang dibuat dari kain hingga membentuk simpul pada bagian tengah. Ada dua jenis udeng yaitu udeng polos dan berwarna.

Pada udeng polos biasanya dipakai ketika ada upacara keagamaan. Sementara udeng berwarna dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

3. Kamen

Nama pakaian adat Bali yang ketiga adalah kamen. Ini adalah jenis pakaian adat yang bentuknya hampir sama dengan sarung. Kamen biasa dipakai oleh pria maupun wanita meskipun keduanya memiliki cara penggunaan yang berbeda. Untuk pria, kamen akan diikatkan melingkar ke pinggang dari kiri ke kanan.

Setelah itu akan dibentuk agak melipat serta terdapat simpul tertentu di depan. Sementara kamen untuk wanita cenderung sederhana dan tanpa adanya simpul pada bagian depan.

4. Kebaya Bali

Untuk yang satu ini pastinya sudah sangat familiar di mana kebaya Bayi memang hampir sama seperti kebaya Jawa. Namun pada kebaya Bali mempunyai motif sederhana serta memiliki warna cerah.

Penggunaannya pun juga akan dipadukan dengan selendang sehingga siapa pun yang memakainya terlihat anggun.

5. Sabuk Prada

Jenis pakaian adat Bali yang kelima ini biasanya dipakai oleh wanita agar bisa menahan kamen. Memiliki motif yang khas Bali serta warna mencolok merupakan ciri khas dari sabuk prada tersebut.

sabuk ini juga mempunyai makna yaitu simbol untuk memberikan perlindungan pada wanita, terutama rahimnya.

--

--

--

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Dediariko

Dediariko

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

More from Medium

Standing on the shoulder of giants

In Case You Were Wondering When African Countries Were Going to Join the 21st Century

Ethiopia’s new ‘public exchange’ can’t convey comprehensive harmony

The Small Wins Are the Big Wins: Celebrating Your Year As a Creative