Mengulik Perkembangan Tren Modifikasi Jok Mobil

Image for post
Image for post

Jok Mobil tak bisa dipisahkan dari gaya interior secara keseluruhan. Saat ini jok yang dimodifikasi semakin bervariasi. Tren yang berkembang cenderung lebih menekankan kepada selera pribadi masing-masing pemilik kendaraan, dan bersifat customize.

Saat ini, variasi modifikasi jok mobil lebih menonjolkan ciri personalized. Dalam hal warna, pilihan yang ditawarkan lebih beragam. Ada kecenderungan pemilik kendaraan lebih menyukai kombinasi warna pada jok pilihan mereka.

Unsur Pada Modifikasi Jok Mobil

Tren variasi modifikasi jok dipengaruhi oleh beberapa unsur gaya. Perkembangannya setiap tahun pun semakin beragam, karena dipengaruhi oleh selera pasar. Berikut ini adalah beberapa unsur yang ada dalam modifikasi jok.

1. Warna

Tren warna pada jok mobil memang berubah-ubah pada setiap periodenya. Belakangan ini, tren warna pada jok lebih dominan mengarah pada warna-warna dasar yang tegas. Contohnya adalah warna merah, biru, dan Kuning, serta warna turunannnya pada tone yang cendeung gelap.

Tidak hanya satu warna, tren jok mobil juga mengarah pada keunikan padu padannya. Hal ini berbeda dari tren yang ada tahun-tahun sebelumnya. Selera pemilik kendaraan semakin bervariasi, sehingga mulai meninggalkan warna tunggal pada jok.

Pada dasarnya tren warna pada jok ini juga dipengaruhi oleh perkembangan varian warna mobil. Pemilihan warna jok memang sebaiknya tetap menyesuaikan dengan warna mobil dan gaya interiornya. Hal ini bertujuan agar tampilan mobil secara keseluruhan tampak serasi.

2. Bentuk

Dari sisi bentuk, tren saat ini mengarah pada desain yang lebih menonjolkan detail. Konsep yang banyak digunakan adalah desain modern. Bahkan ada beberapa seat maker yang mengusung konsep futuristik pada desain jok yang ditawarkannya.

Bentuk Jok standar pada beberap jenis mobil memang terkesan monoton. Oleh sebab itu, tak sedikit pemilik mobil yang tertarik memodifikasi jok mobilnya. Untuk itulah desainer dan seat maker berlomba-lomba membuat jok yang menarik.

3. Kenyamanan

Unsur kenyamanan pada jok mobil modifikasi sangat ditonjolkan. Beberapa model desain menyertakan beberapa fitur tambahan dengan memperhatikan kebutuhan konsumen. Di antaranya adalah fitur sandaran yang bisa disesuaikan dan tambahan arm rest.

Contohnya pada model captain seat. Model yang sering diterapkan pada baris jok kedua dalam mobil ini memang mengutamakan kenyamanan. Model ini menonjolkan sandaran dan yang dilengkapi dengan arm rest dan head rest dengan tetap memberi kesan eksklusif.

4. Fungsi

Jok kendaraan yang dimodifikasi, selain untuk memaksimalkan tampilan mobil juga memperhatikan fungsinya. Desain modifikasi memiliki keunggulan dalam hal fungsinya. Beberapa dirancang menonjol dari segi keamanan, contohnya pada model bucket seat.

5. Bahan

Bahan yang digunakan dalam modifikasi jok mobil cukup beragam. Namun, tren yang berkembang saat ini adalah yang menggunakan bahan dari kulit asli dan sintetis. Selain itu, bahan pelapis jok jenis vynil, nylon, dan polyester juga sering jadi pilihan.

Pemilihan bahan ini biasanya tergantung pada konsep jok mobil variasi. Tidak hanya warna, tekstur dan kelenturan bahan juga menjadi pertimbangan. Hal ini ditujukan agar modifikasi jok yang dilakukan bisa maksimal.

Teknik Pemasangan Pelapis Jok Mobil

Ada tiga cara pemasangan pelapis jok pada mobil. Ketiganya dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah tiga teknik pemasangan pelapis jok mobil yang sering digunakan.

1. Teknik Sarung

Pada teknik pemasangan pelapis jok ini, biasanya menggunakan bantuan tali. Pelapis jok ditutupkan pada jok asli dengan cara menyarungkannya. Kemudian, agar posisinya tidak bergeser, diperkuat dengan menggunakan tali.

Keuntungan dari teknik ini adalah pemasangannya yang cukup mudah. Oleh sebab itu, biayanya juga relatif murah. Teknik ini juga memungkinkan pelapis jok dapat diganti sewaktu-waktu.

Sayangnya teknik ini mempunyai kelemahan. Jika menggunakan sarung jok mobil, bentuknya tidak mengikuti detil asli pada jok. Jadi akan muncul kesan kurang rapi saat pelapis jok sudah lama digunakan.

2. Teknik Pelapis Jok Semi Permanen

Pada pemasangan jok dengan teknik semi permanen, bahan pelapis ditambahkan dengan cara dijahit. Proses menjahitnya dilakukan tanpa membongkar jok. Teknik ini membuat lapisan jok terpasang lebih rapi dan pas pada jok asli sebuah mobil.

Pemasangan pelapis jok menggunakan teknik semi permanen ini terkadang masih menggunakan tali ataupun karet untuk mempermudah pemasangannya. Penggunaan perekat juga dibutuhkan dalam teknik ini. Tujuannya agar bahan pelapis jok dapat menempel dengan baik di jok asli.

3. Teknik Pemasangan Pelapis Jok Permanen

Jika teknik ini yang dipilih, siap-siap pengerjaannya menghabiskan waktu lebih lama. Sebab, pada teknik ini, keseluruhan lapisan jok asli akan dibongkar. Pembongkaran ini hanya meninggalkan kerangka dan busa pada jok.

Kemudian, bahan pelapis yang dipilih akan dipasangkan per bagian pada jok. Pemasangannya pun memperhatikan detail pada jok mobil. Tak jarang, seat maker menambahkan detail baru yang menambah nilai pada penampilan jok.

Teknik ini memberikan hasil terbaik dibandingkan kedua teknik lainnya. Pelapis jok baru akan menempel rapi mengikuti bentuk asli pada jok. Efek tonjolan-tonjolan kurang rapi yang kadang muncul pada pemasangan semi permanen dapat dihilangkan dengan teknik ini.

Demikianlah perkembangan modifikasi jok mobil beserta teknik pemasangannya. Pada tren jok mobil saat ini lebih banyak menggunakan bahan kulit asli dan kulit sintetis. Adapun teknik pemasangannya adalah secara permanen, untuk menonjolkan detail bentuk jok.

Written by

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store