Cara Memperbaiki Cartridge Tinta Kering

Cartridge tinta kering benar-benar dapat menghambat Anda ketika mencetak dan merupakan kutukan nyata bagi orang-orang yang sering pergi dan meninggalkan printer mereka menganggur. Meskipun dalam banyak kasus Anda harus mengganti seluruh cartridge, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba.

Apa Penyebab Tinta Mengering

Penggunaan yang jarang

Orang yang jarang menggunakan printer mereka akan mengetahui bahwa cartridge cepat kering dan akibatnya dapat dengan mudah tersumbat. Hal ini dapat dikurangi dengan mencetak lebih sering atau menjalankan tes pembersihan dan tinta secara teratur untuk memastikan nozel tetap bersih. Jangan biarkan printer mu tidak digunakan terlalu lama.

Cartridge telah kedaluwarsa

Banyak orang tidak menyadari bahwa cartridge printer memiliki tanggal kedaluwarsa dan menggunakannya setelah tanggal ini dapat menyebabkan masalah pencetakan. Kami biasanya menyarankan untuk tidak pernah menyimpan cartridge lebih dari 12 bulan untuk menghindari masalah apa pun, dan pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering jauh dari sinar matahari langsung. Pastikan untuk tetap melakukan pembersihan secara teratur dan memastikannya untuk tetap bersih.

Mengisi ulang cartridge secara manual

Jika saat mengisi ulang cartridge dilakukan secara tidak benar, dapat menyebabkan udara masuk ke dalam kartrid, mengeringkan tinta dan menyumbat kepala nosel. Anda harus sangat berhati-hati saat mengisi ulang. Belilah cartridge berkualitas dengan harga terjangkau.

Disimpan di dekat radiator atau di ruangan yang hangat

Selalu pastikan bahwa printer Anda disimpan di ruangan dengan suhu yang stabil karena suhu dapat mempengaruhi kinerja cartridge tinta Anda. Laci meja itu tidak terlalu membantu jika mejanya berada di atas radiator …

Apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki cartridge tinta kering

1: Jalankan pembersihan kepala cetak dalam pengaturan printer Anda

Opsi ini mungkin tersedia melalui komputer Anda atau sebagai fungsi pada printer itu sendiri. Panduan pengguna Anda akan memberi Anda panduan jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini. Anda mungkin perlu menjalankan ini 4–5 kali.

2: Rendam cartridge

Keluarkan cartridge dari printer. Tempatkan cartridge di dalam mangkuk berisi air hangat (Stinkyink menyarankan ini dilakukan di dalam mangkuk dan bukan di bak mandi atau bak cuci untuk mengurangi resiko noda) sehingga kepala printer terendam.

Untuk penyumbatan serius, Anda mungkin ingin merendam cotton bud di air hangat dan menggosokkannya ke seluruh area cartridge tempat keluar tinta. Hapus saat tinta mulai mengalir ke air.

Bersihkan nosel hingga kering dengan handuk kertas atau kain bebas serabut dan pasang kembali ke dalam printer. Ulangi langkah 1. Jika Anda memang perlu mengulang ini lebih dari dua kali, kami menyarankan Anda membeli cartridge baru karena kemungkinan tidak dapat diperbaiki.

Jika Anda sering mendapatkan cartridge tinta kering, mungkin ada baiknya membeli printer yang lebih sesuai dengan kepala cetak yang terpasang di dalam cartridge tinta. Artinya, saat printhead mengering, Anda hanya perlu mengganti kartrid, carilah di tempat jual beli cartridge bekas atau baru.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store