Cara Membangun Backlink Berkualitas Tinggi Untuk SEO

Image for post
Image for post

Dari berbagai penelitian para pakar SEO, semua sepakat; bahwa backlink berkualitas adalah tulang punggung peringkat website. Jadi, kita akan membahas cara membangun backlink berkualitas tinggi untuk SEO.

Indikator website yang memiliki backlink berkualitas tinggi, Anda bisa menggunakan tolak ukur Domain Authority (DA) atau otoritas domain. Dalam hal ini, ada beberapa versi; MOZ, Ahref, Alexa rank, atau lainnya.

Mungkin, antar beberapa versi, Anda akan mendapat nilai berbeda. Namun, itu tidak akan terpaut jauh. Mungkin mereka menggunakan metriks berbeda dalam memberi penilaian, akan tetapi, sebagian besar menggunakan cara yang sama.

Diantaranya adalah; faktor SEO on Page dan SEO Off Page. Di kedua faktor tersebut, walau pun berada pada sisi yang berbeda, tapi indikator link tetap berkonstribusi dalam menentukan rangking website.

SEO On Page adalah system optimasi website dari sisi internal. Sedangkan SEO Off Page faktor signal ekternal. Untuk penjelasan lebih mendalam Anda dapat membaca;

Ini berarti bahwa, Anda harus memperkuat upaya membangun tautan (link) jika ingin strategi SEO Anda berhasil. Tidak masalah jika baru mengenal permainan atau sudah memahaminya. Anda tetap harus strategi membangun backlink menjadi salah satu prioritas. Sekarang, pertanyaannya;

Bagaimana cara membangun backlink berkualitas tinggi?

Jangan menyerah pada godaan menggunakan taktik SEO Black Hat (topi hitam), untuk mendapatkan backlink yang mudah. Itu tidak etis dan tidak membantu secara umum. Bahkan, berisiko tinggi! Karena peringkat justru akan penurunan drastic, cepat atau lambat!

Walau pun itu berat dan melalui proses panjang, white hat backlink-building, tetap pilihan terbaik. Ini menjamin backlink berkualitas yang dapat bermanfaat bagi Anda untuk jangka panjang.

Mari kita lihat, berbagai cara untuk membangun backlink berkualitas!

Ini butuh proses! Kesabaran, kerja keras, dedikasi tinggi, waktu, bahkan biaya.

Menulis untuk Situs Web Resmi

64% blogger menulis lebih dari satu situs. Blogging tamu adalah cara murah untuk membangun backlink berkualitas ― tetapi hanya jika dilakukan dengan benar.

Anda tidak perlu menulis untuk setiap blog menawarkan kesempatan Guest Post. Pilih website yang memiliki otoritas tinggi di niche Anda. Juga, berinvestasi dalam blog yang lebih kecil, memiliki potensi untuk strategi SEO dalam jangka panjang.

Penting juga untuk dicatat bahwa, Anda tidak memposting tamu semata-mata untuk menghasilkan backlink.

Artikel Anda juga harus bermanfaat bagi pembaca. Memberikan posting yang ditargetkan dan ditulis dengan baik, masih merupakan cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

Bio yang baik juga sangat membantu. Paling tidak, itu harus menyertakan nama Anda, gambar yang bagus tentang Anda, dan beberapa teks jangkar yang dapat Anda gunakan untuk masang link ke website Anda.

Anda juga dapat menambahkan tautan “berlangganan milis” plus profil media sosial publik Anda.

Gunakan Media Sosial

Ada lebih dari 800 juta akun Instagram dan 2 miliar pengguna Facebook. Itu adalah kerumunan yang berpotensi besar untuk dijangkau melalui setiap pos yang Anda buat.

Jika ingin backlink Anda mendapatkan , maka Anda harus memanfaatkan platform ini.

Media sosial adalah platform yang rumit ― fokus Anda tidak hanya untuk membuat konten berkualitas, tetapi juga membuatnya menarik. Anda harus mampu menarik perhatian orang, untuk mendorong aktivitas berbagi dan berkomentar. Ini meningkatkan dorongan orang untuk mengklik tautan.

Setiap platform, berkinerja dengan cara yang berbeda. Anda dapat menggunakan tagar # untuk strategi backlink kreatif di Twitter dan Instagram. Tetapi, tidak begitu Facebook. Anda dapat fokus pada iklan video pendek di Facebook, dan fokus pada gambar statis di Twitter.

Buat Konten Berkualitas Tinggi

Jika Anda menginginkan backlink berkualitas, Anda harus menawarkan konten berkualitas.

Membuat posting hanya demi backlink, tidak akan membuat Anda mendapatkan website yang ingin ditautkan dengan Anda.

Artikel yang diteliti dengan baik, membuat perbedaan antara kegagalan atau kesuksesan tehnik SEO Anda.

Seluruh website dengan konten sampah, mungkin mendapatkan banyak pengunjung. Tetapi, jika Anda tidak memiliki sesuatu yang berharga, untuk ditawarkan kepada pengunjung Anda, strategi apa pun tidak akan berhasil.

Jadi apa yang membuat konten bisa berkualitas tinggi?

Pertama, artikel Anda harus asli!. Tidak apa-apa untuk melihat sumber daya lain untuk inspirasi penelitian Anda, tetapi pos itu harus menjadi sesuatu yang dapat Anda banggakan, sebagai milik Anda.

Judul yang kuat juga membantu. Tetapi, jangan menggunakan judul “ clickbait-y “ yang meneriakkan konten yang diproduksi secara massal.

Adapun artikel itu sendiri, harus memiliki jawaban yang Anda janjikan dalam judul Anda.

Pastikan fakta Anda akurat dengan sumber yang sah. Libatkan pembaca Anda, tetapi tetap ringkas dan langsung pada intinya.

Tak perlu dikatakan, bahwa artikel tersebut harus ditulis dengan baik. Juga upaya memoles teknik SEO berkualitas tinggi untuk meningkatkan visibilitas posting Anda.

Buat Infografis

Orang-orang menginginkan jawaban, dan mereka menginginkannya dengan cepat. Dalam hal ini, perlu diingat bahwa; gambar! Bernilai ribuan kata. Dan Anda, dapat menggunakan gambar dan kata-kata sekaligus dengan infografis.

Anda dapat menggunakan infografis untuk menyelesaikan pekerjaan. Karena itu menghilangkan semua gangguan. Dimana tidak mengungkapkan apa pun, selain informasi inti yang dicari orang.

Menambahkan infografis ke artikel Anda, akan membantu Anda mendapatkan backlink berkualitas.

Elemen visual, menambah nilai pada konten Anda. Sekaligus, mampu mendorong keterlibatan pembaca Anda.

Website lain juga dapat menggunakannya untuk artikel mereka. Jika infografisnya menyenangkan secara estetika, dan dibuat dengan baik, serta data yang akurat, ia akan memiliki peluang lebih baik untuk muncul di website lain.

Dan tentu saja, jika mereka menggunakannya, mereka harus menautkan kembali ke website Anda.

Anda tidak harus menjadi ahli desain grafis, untuk membuat infografis. Anda tidak perlu Photoshop juga. Ada website yang menawarkan cara mudah, untuk menghasilkan infografis secara gratis atau dengan sedikit biaya.

Temukan Tautan Rusak

Metode ini mungkin terdengar seperti itu membutuhkan banyak waktu. Ini tentang menemukan tautan yang rusak di website yang relevan, tetapi itu tidak akan terlalu memakan waktu.

Tautan yang rusak mengarah ke halaman web yang tidak lagi tersedia atau mungkin telah pindah ke alamat lain. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk meminta webmaster mereka untuk menautkannya kembali ke halaman web Anda.

Untuk menemukannya, tentukan terlebih dahulu website mana yang ingin Anda tautkan kembali ke situs Anda. Lalu, gunakan layanan seperti Ahrefs yang memberi Anda ikhtisar tautan yang rusak di sebuah website.

Saat Anda menemukan tautan yang rusak, cari tahu apakah Anda memiliki sumber daya untuk menggantinya.

Jika Anda telah menerbitkan cukup banyak konten, ada kemungkinan Anda memiliki satu konten yang bisa digunakan webmaster sebagai ganti tautan yang rusak.

Metode ini hanya menegaskan mengapa Anda membutuhkan konten yang berharga. Ini akan membuat website lain, dengan senang hati memberi backlink ke posting Anda.

Baca Sumber Daya Berharga tentang Backlink Kualitas

Anda dapat unggul dari pesaing Anda dengan menggunakan strategi topi putih yang telah di uraikan di atas.

Anda dapat membuat profil backlink kuat dan berkualitas tinggi yang akan meningkatkan peringkat situs Anda. Sekaligus menghasilkan visibilitas yang lebih baik dan konversi yang lebih menguntungkan.

Tetapi apakah hanya itu saja?

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang membuat backlink yang berkualitas, ada baiknya membaca sumber daya yang relevan.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang SEO dan praktik terbaik, serta hal lain yang harus diketahui untuk bisnis online.

Konsultasi gratis untuk strategi SEO profesional. Tim SEO Expert kami dengan senang hati membantu memberi tips dan fakta-fakta menarik tentang cara membangun backlink berkualitas tinggi.

Originally published at https://www.garuda.website on January 8, 2020.

Written by

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store