Cara Dapat Uang dari Blogging, Ini 5 Langkahnya — Dolphins Report

Di era modern ini, ada cukup banyak hal baru yang bisa Anda coba. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan blog pribadi Anda. Blog tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menulis artikel atau media untuk membagikan berbagai informasi bermanfaat, melainkan juga dapat digunakan sebagai ‘lapak’ untuk ide bisnis online yang menghasilkan uang.

Lantas, bagaimana cara dapat uang dari blogging? Cara yang paling sering digunakan adalah dengan melalui endorsement dan Google AdSense.

Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan kami ajak untuk mengetahui bagaimana cara dapatkan uang dari blogging tanpa modal. Selain itu, ini akan memastikan Anda mengetahui cara membuat blog berkualitas. Kan, keren tuch..

Langkah Persiapan Cara Dapat Uang dari Blogging

Pastinya pertanyaan: bagaimana cara dapatkan uang dari blogging selalu terngiang-ngiang di benak Anda. Belum tentu semua blogger mahir memanfaatkan blog mereka sebagai ‘ladang’ rupiah.

Hanya blogger yang memang begitu paham dengan teknik blogging saja yang mampu mengoptimalkan blog mereka sebagai bagian dari bisnis.

Namun Anda, blogger pemula, juga memiliki peluang untuk bisa mendapatkan uang dari blog Anda. Dan berikut kami share 6 langkah dapatkan uang dari blog pribadi kita.

Buat Blog di Platform yang Berkualitas

Langkah yang pertama, buatlah blog di platform blog yang berkualitas dan terbaik. Platform blog di sini memiliki peranan yang sangat penting karena platform ini ibaratnya adalah lapak atau ruko bagi bisnis blogging Anda.

Jika Anda memiliki suatu bisnis dan didukung dengan lapak atau ruko yang strategis dan ‘menjual’, sudah pasti bisnis Anda akan sukses. Demikian juga dengan blog.

Terkait dengan platform blog, kini ada banyak sekali jasa penyedia host dan domain berkualitas dan terbaik. Anda hanya perlu memilih salah satu yang menurut Anda dapat membantu Anda merintis bisnis impian Anda.

Buat Konten Blog Berkualitas, Menarik, dan Informatif

Langkah yang kedua, buatlah konten blog yang menarik, informatif, dan bermanfaat. Jika Anda memiliki skill menulis yang baik, tidak ada salahnya Anda menjadikan blog Anda ini sebagai media untuk berbagi karya tulis Anda. Buatlah para viewers blog Anda tertarik dengan isi blog Anda.

Caranya sangat sederhana. Buatlah konten blog yang unik, menarik, informatif, dan bermanfaat.

Namun jika Anda tidak percaya diri dengan tulisan Anda dan Anda enggan berbagi tulisan Anda via blog, Anda bisa manfaatkan jasa freelance writer untuk membuatkan konten blog yang Anda inginkan.

Ada begitu banyak online freelance writer yang bisa Anda gunakan jasanya untuk meningkatkan jumlah viewers blog Anda.

Pastikan bahwa Anda telah memilih online freelance writer yang berkualitas agar blog Anda juga akan naik rating-nya berkat kualitas kontennya.

Baca juga: Ide Bisnis Dropshipping Paling Menguntungkan

Konten SEO-Friendly

Langkah ketiga, pastikan bahwa konten blog Anda berkualitas dari aspek SEO. Bila perlu, lakukan peningkatan kualitas SEO agar konten blog kita berpeluang besar untuk diakses oleh pengguna internet.

Ketika sebuah konten, artikel, misalnya, memiliki kualitas SEO yang baik, artikel akan diindeks oleh Google. Alhasil, artikel akan mendapatkan posisi yang strategis di halaman web Google. Misal, artikel berada di halaman pertama Google.

Promosikan Blog Via Media Sosial

Langkah keempat, jangan lupa lakukan promosi blog Anda di akun-akun media sosial Anda. Selain bertujuan untuk menambah viewers blog, melalui akun media sosial, blog kita juga dapat menambah rating blog kita. Plus, dengan cara ini, rate Google AdSense juga akan meningkat.

Jaga Kepercayaan Viewers

Langkah kelima, jaga kepercayaan para viewers blog kita. Caranya sebenarnya cukup mudah. Misal dengan selalu menjaga kualitas konten blog kita. Cara lainnya yaitu dengan selalu menyuguhkan konten-konten terupdate. Dan pastikan konten yang Anda share konsisten dari segi kualitas.

Baca juga: 5 Bisnis Karya Seni Hasilkan Keuntungan

Monetisasi: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Mari kita memasuki bagian inti. Ini adalah langkah paling penting untuk menjawab cara mendapat uang dari blog. Bahasa kerennya, Anda memonetasi blog!

Ada cukup banyak cara memonetisasi blog. Setidaknya, ada 11 cara yang paling populer dan terbukti menghasilkan uang dari blog.

  • Google AdSense
  • Menjual Produk Fisik
  • Menjual Produk digital/eBook
  • Bisnis afiliasi
  • Menjual Space Iklan Banner
  • Menciptakan fitur membership
  • Menawarkan Jasa
  • Sponsored post

Tapi ingat, Anda tidak bisa menjalankan kesebelas cara monetisasi ini secara bersamaan. Ada baiknya Anda memilih satu atau dua di antaranya yang menurut Anda paling sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

Nah, pasti banyak di antara kalian yang penasaran dengan Google AdSense dan bagaimana Google AdSense ini mampu memberi Anda uang.

Google Adsense

Google Adsense adalah cara paling umum untuk mendapat uang dari aktivitas blogging. Sebagian besar blogger mengarah kesini.

Google AdSense tak lain adalah sebuah platform iklan besutan Google. Dengan menggunakan layanan Google AdSense ini, Anda dapat memasang banner iklan digital di beberapa spot di halaman blog Anda.

Setiap kali ada pengunjung yang mengklik salah satu banner iklan digital ini, secara otomatis, Anda akan mendapatkan bayaran dari Google.

Besaran bayaran yang diberikan tentu akan berbeda-beda, tergantung siapa dan dari negara mana si pemasang iklan berasal.

Tarif iklan Google AdSense yang berlaku di Indonesia umumnya antara 0.01 USD hingga 5 USD. Lumayan besar, bukan?

Affiliate Marketing

Menurut situs bisnis rupiah.me, affiliate marketing adalah solusi lain untuk cara mendapatkan uang dari blog selain Adsense dari Google. Dan cukup efektif, bahkan hasilnya bisa melampaui Google Adsense.

Syaratnya, Anda harus memiliki blog yang sudah bertraffic untuk niche tertentu. Cara Anda memilih nihce blog, akan menentukan Anda akan terhubung perusahaan tertentu. Yang menyediakan program afiliasi.

Kabar baiknya, hampir setiap topik memiliki kesempatan untuk masuk dalam bursa Afiliasi marketing.

Cara kerja pemasaran afiliasi, Anda cukup menambahkan tautan ‘terlacak’ ke dalam teks blog Anda. Anda dapat membuat komisi setiap kali pengguna mengklik tautan tersebut, karena rekomendasi Anda sehingga terjadi transaksi pembelian.

Ya.. tautan akan mengarahkan pengguna ke website suatu perusahaan, dan uang yang Anda terima adalah untuk mengucapkan ‘terima kasih’ karena telah mengirimkan beberapa pembaca Anda yang memiliki tingkat konvversi tinggi situs mereka.

Hampir semua website eCommerce online, memiliki semacam program afiliasi. Untuk pasar global, Anda bahkan dapat terhubung dengan perusahaan raksasa, seperti Amazon , ASOS, dan Apple dan lain sebagainya.

Money-saving blogger, Claire Roach, mengungkapkan:

Kami terutama menggunakan pemasaran afiliasi sebagai sumber pendapatan utama. Meskipun ada juga Google AdSense di sana, itu hanya tambahan beberapa pound setiap bulannya.

Afiliasi pemasaran sangat cocok untuk banyak blogger. Seperti yang disarankan penulis Ceri Jones:

Sebagai seorang blogger, Anda selalu merekomendasikan produk dan layanan kepada pembaca Anda. Banyak perusahaan menawarkan program afiliasi, sehingga sangat mudah untuk menemukan program yang relevan untuk bergabung dan mulai mendapatkan komisi.

Kunci kesuksesan untuk cara mendapat uang dari blogging, Anda harus menjadi otentik dan asli. Sehingga memiliki segmentasi pembaca yang lebih loyal dengan situs Anda. Tulis ulasan dan artikel dengan pendapat jujur, itu akan dorong pembaca membeli sesuatu.

Dengan catatan, Anda juga perlu memastikan bahwa, produk itu layak untuk audiens Anda. Karena, transkasi itu terjadi atas kepercayaaan mereka pada Anda.

Menjual Produk Fisik

Tetap traffic website yang menjadi kunci utama. Sebagai blogger, penting bagi Anda untuk belajar cara meningkatkan kunjungan website. Baik melalui strategi SEO atau saluran lain.

Blog spesifik Anda yang memiliki audiens, memiliki kesempatan besar untuk menjual produk terkait dengan niche. Audiens yang memiliki ketertarikan dengan konten yang Anda publikasi, jelas juga memiliki ketertarikan dengan produk-produk terkait.

Misal, jika blog Anda mengulas tentang panduan memasak, maka kemungkinan besar Anda dapat menjual produk-produk yang berhubungan dengan itu. Mungkin produk yang unik atau sesuatu yang jarang dipasaran. Seperti panci anti panas, misalnya, hehehe..

Menjual Produk Digital

Ini tidak berbeda dengan cara mendapat uang dari blogging melalui penjualan produk fisik. Produk digital memungkinkan Anda jual untuk audiens spesifik Anda.

Contoh, jika blog Anda berfokus tentang panduan blogging, Anda mungkin dapat menjual template blog atau plugin atau apa pun. Audiens cenderung memiliki tingkat kepercayaan pada blog yang berfokus pada niche yang mereka minati.

Menciptakan Fitur Membership

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, blog adalah media yang tepat untuk memamerkannya. Ini akan membuat orang terkesan. Saat keahlian Anda diminati dan dibutuhkan oleh audiens Anda.

Anda dapat memposting hal-hal menarik terkait apa yang bisa Anda lakukan. Dan beberapa bagian, itu bisa didapatkan melalui fitur membership.

Menjual Space Iklan Banner

Sebagai cara beriklan yang lebih visual, Anda dapat menjual ruang iklan banner di halaman blog Anda ke persuahaan yang berhubungan dengan pembaca Anda.

Iklan dapat ditempatkan di mana saja, tetapi biasanya itu berada di bagian atas halaman blog atau di bilah sisi.

Anda dapat memperoleh penghasilan dengan salah satu dari dua cara. BPK (biaya per klik) berarti Anda akan mendapatkan pembayaran yang ditetapkan untuk setiap pembaca yang mengklik iklan, sedangkan CPM (biaya per seribu) berarti Anda akan menegosiasikan pembayaran yang ditetapkan untuk setiap 1.000 ‘tayangan’ yang didapat iklan.

Dengan pertumbuhan plugin AdBlocker, CPC dan CPM bisa jadi rendah, tetapi itu tergantung pada industri Anda, dan tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Menulis Artikel Advetorial atau Bersponsor

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog terbai, adalah memonetisasi blog dengan menawarkan peluang konten bersponsor (atau advertorial).

Ini pada dasarnya adalah iklan dalam bentuk artikel atau posting blog berbayar.

Sebagai contoh, jika Adidas mengeluarkan produk baru pakaian renang dan Anda memiliki blog tentang pakaian olahraga wanita, mereka mungkin menawarkan untuk membayar Anda untuk menulis artikel tentang produk mereka.

Anda mungkin juga bahkan dapat menambahkan beberapa tautan afiliasi di atas.

Metode monetisasi ini biasanya bekerja paling baik bila Anda memiliki pemirsa khusus yang kuat. Setelah Anda meningkatkan jumlah pembaca Anda, merek akan sering mendekati Anda untuk mendiskusikan posting yang disponsori.

Seperti yang dikatakan Mansyur, dari Garuda Website, situs penyedia layanan digital marketing di Jakarta, saat situs Anda memiliki traffic, email Anda akan banjiri oleh penawaran konten bersponsor. Dan nilainya, seringkali cukup tinggi.

Saya mengelola cukup banyak blog. Jadi, sering mendapatkan peluang konten bersponsor yang datang kepada saya melalui perusahaan PR, dan nilainya cukup tinggi.

Menurut Mansur, cara dapat uang dari blogging model ini cukup sederhana. Itu akan datang dengan sendiri saat blog Anda memiliki traffic cukup tinggi.

Jika konten Anda peringkat untuk kata kunci tertentu, maka tunggu saja penawaran akan masuk ke email Anda. Dan kebutuhan ini, biasanya datang lebih banyak dari situs berbahasa Inggris.

Kebutuhan konten bersponsor juga sering muncul dari para penyedia Jasa SEO. Dimana membutuhkan blog yang bersedia bekerja sama untuk memuat konten dengan tautan yang mengarah ke situs klien.

Sebagai penyedia Jasa SEO, kami pada dasarnya, membutuhkan para blogger untuk bekerjasama dalam hal ini. Khususnya konten bersponspor untuk strategi konten marketing dan link building.

Mansyur

Menawarkan Jasa

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, Anda dapat membangun blog dengan niche yang sama dengan keahlian Anda.

Blog adalah media yang bagus untuk melakukan branding. Juga sebagai tempat dimana Anda dapat menawarkan jasa berdasarkan keahlian Anda.

Misal, jika Anda dapat membangun website dengan wordpress. Maka Anda dapat membangun blog dengan topik pengembangan web wordpress. Di blog itu juga, Anda dapat membuat landingpage untuk menawarkan jasa Anda.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Beberapa yang disampaikan diatas, hanya sedikit menggores permukaan.

Yang diperlukan disini adalah konsistensi Anda. Baik terhadap topik blog maupun upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Karena ini, kunci yang memungkinkan situs Anda dapat menjadi ladang bisnis. Yang bahkan, potensi-potensi itu dapat datang dengan sendirinya.

Originally published at https://nfldolphinsreport.com.

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website