Berita Teknologi Tentang Aplikasi Belajar Online yang Digunakan Selama Pandemi

Image for post
Image for post

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih ini semuanya sudah beralih menggunakan sistem online. Tentunya dengan adanya sistem online ini berbagai pekerjaan manusia yang awalnya sulit menjadi lebih mudah. Saat ini sistem pembelajaran bisa disulap dengan pembelajaran secara online. Berita teknologi kali ini membahas mengenai beberapa aplikasi belajar online yang memudahkan para siswa untuk mendapatkan pembelajaran.

Semua itu tidak lepas dari adanya pandemi covid-19 yang ada di Indonesia tak kunjung berakhir. Sehingga pihak pemerintah akhirnya menerapkan pembelajaran jarak jauh. Saat ini masih banyak sekolah-sekolah yang ada di Indonesia yang menerapkan pembelajaran secara online.

Sebagai orang tua anda tidak perlu cemas karena sekarang sudah ada aplikasi online yang bisa dimanfaatkan untuk belajar secata online secara efektif. Terlebih dengan mengandalkan smartphone saja semua bisa berjalan dengan baik. Memang kebiasaan baru ini perlu adaptasi agar semua bisa lebih maksimal.

Daftar Aplikasi Belajar Online Selama Pandemi

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai daftar apliasi belajar online yang bisa digunakan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Penasaran aplikasi apa saja yang bisa manfaatkan selama pandemi ini? Silahkan simak pembahasan berikut ini :

Zenius

Aplikasi belajar online pertama yang bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah Zenius. Dimana aplikasi ini digunakan untuk belajar tanpa dipungut biaya. Pada aplikasi Zenius ini anda akan menemukan berbagai video tentang materi pembelajaran dan video tentang pembahasan yang bisa anda unduh secara gratis.

Materi yang disampaikan ini mulai dari SD, SMP, dan SMA atau SMK. Bagi anda yang menggunakan Zenius bisa langsung mengakses berbagai mata pelajaran, melakukan tes tryout, dan berbagai tips belajar. Video yang ditawarkan menggunakan format whiteboard sehingga lebih hemat kuota internet.

Google Classroom

Berita teknologi kedua yang bisa anda jadikan sebagai layanan untuk memudahkan proses pembelajaran maka anda bisa menggunakan Google Classroom. Aplikasi Google Classroom ini akan memudahkan para guru untuk membuat berbagai tuhas dan pengumpulan. Jadi dengan adanya aplikasi ini anda sebagai guru akan bisa melihat siapa murid yang sudah mengerjakan tugas dan belum.

Quipper

Aplikasi ini merupakan platdorm e-learning yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan murid khususnya SMP dan SMA. Dimana didalam aplikasi ini sudah terdapat 4 layanan yang bisa digunakan mulai dari Quipper Video Masterclass, Quipper Campus, Qoipper Video, dan Quipper School.

Memainfaatkan Quipper School ini guru bisa membuat tugas, mengelola, dan mendistribusikannya. Kalau untuk siswa bisa memanfaatkan Quipper Video atau Quipper Video Masterclass untuk belajar atau mengikuti bimbingan interaktif.

Brainly

Brainly merupakan salah satu perusahaan pendidikan yang berbasis teknologi yang memudahkan para guru untuk melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan pelajaran. Aplikasi brainly bisa anda dapatkan secara gratis di Play Store dan iOS. Dalam hal ini aplikasi ini sudah tersedia 3 tingkatan, mulai SD, SMP, SMA.

Jadi dengan menggunakan aplikasi ini guru bisa memberikan pertanyaan dan siswanya menjawab. Nah, dengan adanya tanya jawab inilah akhirnya pembelajaran secara online bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Kipin School 4.0

Aplikasi Kipin School ini sudah disiapkan untuk pendidikan mulai tingkatan SD, SMP, dan SMA atau SMK. Didalamnya sudah terdapat berbagai daftar materi pembelajaran yang lengkap. Selain itu sudah ada sistem ujian yang bisa digunakan oleh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Tentunya itu semua diberikan untuk memberikan sarana pembelajaran secara online.

Pada aplikasi itu anda akan mendownload berbagai materi pembelajaran, ribuan video pembelajaran, dan ribuan latihan tryout dan masih banyak lainnya. tentuny itu semua memang sangat dibutuhkan oleh siswa seluruh Indonesia.

Rumah belajar

Berita teknologi hadir dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang menawarkan aplikasi Rumag Belajar. Untuk mendapatkan aplikasi ini anda bisa mengaksesnya melalui smartphone Android. Ketika anda membuka aplikasi ini maka sudah tersedia berbagai fitur-fitur yang mendukung proses pembelajaran. Mulai dari Kelas Maya, Sumber Belajar, Peta Budaya, Laboratorium Maya dan masih banyak layanan lainnya yang bisa dijangkau oleh para guru dan siswa.

Duolingo

Di era modern ini Berita teknologi terus bermunculan dengan berbagao aplikasi yang bermanfaat untuk kecerdasan bangsa. Kali ini ada Duolingo yang memudahkan anda untuk belajar bahasa di waktu luang. Sehingga dengan memanfaakan aplikasi ini akan memudahkan anda untuk belajar bahasa Inggris. Pada aplikasi ini sudah tersedia bahasa asing yang bisa anda pelajari mulai bahasa Itali, Jerman, Prancis, Korea, Rusia, Inggirs dan masih banyak lainnya.

Demikianlah beberapa Berita teknologi yang terbaru untuk kelancaran sekolah online ditengah pandemi. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda akan berbagai berita tentang teknologi terbaru yang memudahkan manusia untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store