3 Langkah SEO Yang Terabaikan Berdampak Besar Pada Rangking

Image for post
Image for post

Sama seperti sentuhan-sentuhan kecil yang digunakan untuk menciptakan makanan yang sempurna! Ada beberapa langkah SEO yang memiliki dampak besar. Khususnya, pada cara website muncul di halaman hasil mesin pencari.

Dan, sama seperti sentuhan-sentuhan kecil yang digunakan untuk menciptakan makanan yang sempurna, sentuhan-sentuhan kecil itulah yang dapat memberikan dampak terbesar pada hasilnya.

Baca juga Tutorial Wordpress tentang 12 STRATEGI SEO TERBAIK

Optimisasi mesin pencari adalah salah satu aspek yang paling sulit (dan membingungkan) dari pemasaran digital. Tidak masalah jika Anda telah berkecimpung dalam industri ini, selama satu dekade, atau Anda berkecimpung dalam SEO untuk meningkatkan jumlah klik yang diterima website Anda — SEO itu sulit.

Jika Anda merasa kewalahan dengan prospek mendaki melalui hasil pencarian dan mengalahkan pesaing Anda, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Ada banyak tips SEO yang dapat digunakan.

Atau, Anda dapat menggunakan layanan jasa SEO profesional. Untuk memilih yang tepat, Anda dapat membaca; Tips To Hire A Professional SEO Service

Namun, dalam kesempatan ini, saya telah menyusun 3 daftar penting yang menjadi faktor SEO. Dan malah sering paling diabaikan. Padahal (ini paling penting) untuk meningkatkan visibilitas website Anda di Google.

1. Targetkan Pasar Lokal Anda
Saat memulai website baru, tergoda untuk menargetkan kata kunci dengan volume pencarian tertinggi dan kompetisi terendah, tetapi ada lebih dari itu.

Menurut Google, lebih dari 50% pengguna yang melakukan pencarian lokal di smartphone mereka, akan mengunjungi toko dalam 24 jam, setelah melakukan pencarian. Dengan 36% lebih lanjut, pengguna yang melakukan pencarian dari komputer atau tablet melakukan hal yang sama.

Ketika Anda memikirkannya, itu adalah angka yang benar-benar mengejutkan. Lebih dari setengah dari semua pengguna yang melakukan pencarian Google dengan komponen geografis yang terlibat, misalnya, “Web Developer+ Area Lokal”, mengunjungi bisnis itu, dalam 1 hari setelah melakukan pencarian itu.

Sejak 2017, Google telah menempatkan peningkatan penekanan pada komponen pencarian lokal. Bisnis yang melayani pelanggan di area lokal, harus fokus pada pembuatan halaman arahan yang menyertakan lokasi dalam judul halaman mereka, tag judul, dan salinan website. Bisnis yang dapat melayani pelanggan di area yang sama, menerima prioritas dalam hasil mesin pencari.

2. Prioritaskan Tautan Internal
Membangun backlink ke website Anda adalah kerja keras. Ada sejumlah faktor eksternal yang tidak bisa Anda kendalikan. Satu hal yang dapat Anda kendalikan adalah tautan internal.

Tautan internal adalah hyperlink yang menunjuk ke halaman lain, dengan domain yang sama dengan tempat sumber tautan itu berada. Mereka umumnya, digunakan untuk meningkatkan navigasi situs, tetapi mereka juga membantu membangun hierarki informasi dan menyebarkan ekuitas tautan di sekitar website.

Tautan internal adalah cara ampuh untuk meningkatkan otoritas dan peringkat halaman terpenting website Anda.

Dengan kata lain, Anda harus menggunakan tautan internal untuk meningkatkan otoritas setiap halaman di website Anda. Yang berpotensi mendorong penjualan, prospek, dan pendapatan.

3. Optimalkan Gambar untuk Pencarian
Pada 2019, Google tidak dapat menentukan tujuan gambar di halaman web Anda, tanpa sedikit bantuan dari webmaster.

Mengoptimalkan gambar di situs web atau blog Anda, bermuara pada dua faktor penting — judul gambar dan tag alt. Untungnya, kedua elemen ini dapat diubah dan dioptimalkan, untuk meningkatkan relevansinya dan potensi peringkat halaman web.

Judul Gambar

Sebelum Anda mengunggah gambar ke website Anda, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa nama gambar itu. Jika Anda telah menyimpan gambar sebagai “image.123123Uasdf.png”, maka itulah yang akan muncul di website Anda. Memiliki gambar yang berlabel seperti ini, mungkin tidak merugikan upaya SEO Anda, tetapi tentu saja tidak akan membantu mereka.

Sebelum mengunggah gambar ke website Anda, luangkan beberapa saat untuk memberi label ulang gambar dengan judul yang mencerminkan; apa yang ada di dalamnya.

Misalnya, jika Anda mengunggah gambar apel merah, beri label gambar “red-apple.jpg”. Jadilah deskriptif! Seperti yang Anda bisa. Dan pastikan bahwa, gambar menargetkan kata kunci. Yang kemungkinan akan digunakan pengunjung potensial Anda. Ketika mereka mencari konten Anda.

Penting untuk diingat bahwa, gambar dengan spasi biasanya diringkas, jadi pastikan Anda menggunakan tanda hubung, di antara kata-kata. Sehingga Google dapat memahami, di mana satu kata berakhir, dan yang lain dimulai.

Tag Alt Gambar

Anda mungkin telah melihat opsi ini, ketika menambahkan gambar. Dan bertanya-tanya untuk apa itu sebenarnya? “Alt” adalah singkatan dari tag alternatif ’dan dapat digunakan untuk memberi tahu Google dan pengunjung website. Tentang gambar tersebut. Ketika gambar tidak dimuat. Jika Anda mengarahkan mouse ke gambar website, biasanya akan menampilkan tag alt gambar.

Menjabarkan gambar dalam format teks, akan meningkatkan relevansi gambar. Dan bahkan meningkatkan ‘skor SEO’ dari halaman web. Karena Google menjadi lebih baik, dengan membaca dan memahami gambar. Pentingnya tag alt gambar, cenderung berkurang, namun, pada 2019, mereka masih memainkan peran penting dalam cara website Anda muncul di halaman hasil mesin pencari.

Lakukan Perubahan Kecil Hingga Perbaikan Besar

Optimisasi mesin pencari adalah salah satu aspek pemasaran digital yang paling membingungkan. Dan menghabiskan biaya serta waktu.

Google terus mengubah cara peringkat konten dan, sebagai hasilnya, penting untuk tetap berada di depan kurva. Dan terus-menerus memantau perubahan ke website Anda.

Meskipun ketiga tip ini mungkin tampak sederhana, Anda akan terkejut! Betapa banyak pesaing Anda yang tidak memanfaatkannya. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan dasar-dasar SEO yang benar. Untuk itu, saya merekomendasikan Anda untuk membaca; Apa itu SEO?

Written by

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store