14 Hal jangan terlewatkan saat wisata di Yogyakarta

JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE: Jika Anda merencanakan liburan berkesan. Destinasi wisata di Yogyakarta dapat menjadi opsi untuk ditulis paling atas dalam agenda perjalanan Anda.

Jogja, atau Yogyakarta, menjadi populer bagi para pelancong sebagai pintu gerbang untuk melihat Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tetapi Daerah Istimewa di Jawa ini sebenarnya memiliki lebih banyak untuk ditawarkan selain kuil.

Sebagai satu-satunya daerah yang tersisa yang masih diperintah oleh seorang Sultan, monarki Yogyakarta memainkan peran besar dalam sejarah dan warisan budayanya yang penuh warna.

Jika Anda mengunjungi kota, berikut adalah tempat dan hal lain untuk dilakukan yang tidak boleh Anda lewatkan di Yogyakarta!

Lihat Pemandangan yang Menakjubkan di Taman Nasional Kalibiru

Terletak di pegunungan Menoreh, taman nasional ini menjadi terkenal secara online karena platform kayunya di pepohonan yang menghadap ke Danau Sermo. Mengambil foto Anda di platform ini adalah puncak dari Kalibiru, jadi jadwalkan kunjungan Anda lebih baik selama hari kerja karena foto itu dapat benar-benar ramai selama akhir pekan dan hari libur!

Pecandu adrenalin juga dapat mencoba flying fox, panjat tebing, trekking, dan berjalan tali di Taman Nasional Kalibiru. Atau, Anda juga dapat memilih untuk pergi ke Julang Tembelan yang sama-sama menakjubkan.

Saksikan Matahari Terbit dari Candi Borobudur

Selain Bali, Candi Borobudur adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Borobudur adalah salah satu kuil Budha terbesar di dunia.

Menyaksikan matahari terbit dari gunung berapi kembar Gunung Merbabu dan Merapi dengan siluet stupa dan Buddha tentu akan menjadi salah satu matahari terbit paling ajaib yang akan Anda lihat.

Biarkan Matahari Menyinari Anda Dari Dalam Gua Jomblang

Dikenal secara lokal sebagai Goa Jomblang, Gua Jomblang adalah gua runtuh / vertikal berusia ribuan tahun di Gunungkidul. Paling baik dikunjungi mulai pukul 10:00 hingga 14:00 untuk memaksimalkan sinar matahari melalui lubang yang lebih kecil di dalam gua.

Untuk sampai ke bawah, Anda harus menuruni gua vertikal. Dan kemudian berjalan melalui jejak hutan dan sebuah terowongan untuk sampai ke lubang di mana Anda dapat mengambil foto Anda siluet terhadap cahaya surgawi.

Pergi Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Sand Dunes
Tidak banyak orang tahu bahwa ada juga gundukan pasir di Yogyakarta. Bahkan, Anda juga bisa pergi berpasir di Gumuk Pasir Parangkusumo, gundukan pasir berbentuk bulan sabit yang terbentuk dari letusan Gunung Merapi.

Jika Anda belum pernah ke gundukan pasir, maka sandboarding di Gumuk Pasir pasti akan baik untuk pengalaman ketika Anda mengunjungi Yogyakarta. Setelah sandboarding, Anda dapat menuju ke pantai terdekat, pantai Parangtritis dan pantai Depok untuk menangkap matahari terbenam atau untuk kegiatan lain seperti mengendarai ATV dan menunggang kuda.

Diwilayah Jogja, agensi wisata cukup banyak menawarkan paket tour dengan rute tertentu. Jadi banyak opsi untuk menjelajah wisata Jogja.

Naik Gondola di Pantai Timang

Sekitar tiga jam perjalanan dari Yogyakarta adalah salah satu pantai yang terkenal dengan kereta gantungnya. “Gondola” ini digunakan untuk membawa nelayan lobster dari tepi pantai Timang ke singkapan berbatu di laut yang disebut Pulau Watu Panjang. Perjalanan yang baik ini pasti akan membawa petualangan dalam diri Anda!

Kunjungi Candi Prambanan dan Tari Ramayana

Situs Warisan Dunia UNESCO lainnya, candi Prambanan dianggap sebagai “candi Hindu yang paling indah dan anggun” di Indonesia. Tiga candi terbesar didedikasikan untuk tiga dewa Hindu — Siwa, Wisnu, dan Brahma.

Kagumi detail dari relief-relief dan cobalah temukan adegan-adegan dari Ramayana yang tergambar di galeri bagian dalam. Watch out juga untuk detail patung dewa Hindu di dalam kuil.

Anda dapat menonton sendratari Ramayana yang terkenal di teater terbuka di samping kompleks Candi Prambanan.

Ikuti Tur Merapi Lava

Secara harfiah berarti “Gunung Api”, Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia dan dunia. Tur Lava melibatkan tur yang menunjukkan efek letusan Merapi di desa-desa dekat kawah.

Tur dimulai di Kaliadem, di mana Anda dapat menyewa jip yang akan membawa Anda ke museum, bunker bawah tanah, pemandangan off-road, dan “batu asing”. Tur ini biasanya populer bagi mereka yang ingin menyaksikan matahari terbit di base camp tetapi bagi yang tidak bangun pagi, ada rute lain yang bisa Anda pilih.

Bepergian Harus: Dengan risiko terdengar seperti orang tua Anda, pastikan Anda mendapatkan asuransi perjalanan sebelum menabrak jalan. Percayalah kepada kami, itu salah satu hal yang tidak ingin Anda tinggalkan di rumah. Kami merekomendasikan World Nomads atau Safety Wing, tergantung pada jenis wisatawan Anda.

Matahari terbenam di Istana Ratu Boko

Salah satu tujuan populer untuk melihat matahari terbenam di Yogyakarta adalah di Kraton Ratu Boko. Ini adalah situs arkeologi lain yang merupakan sisa dari kerajaan Jawa kuno. Ini tidak dilestarikan seperti candi Borobudur dan Prambanan, maka pengunjung hanya melihat reruntuhan yang dulunya kompleks istana besar yang terletak di dataran tinggi.

Anda juga dapat melihat Gunung Merapi dan Prambanan dari Istana Ratu Boko.

Jelajahi Seni Jalanan

Sementara Yogyakarta mungkin tidak populer sebagai tujuan seni jalanan, budaya seni jalanan perlahan-lahan tumbuh di wilayah ini. Jadi pergilah ke tur seni jalanan dan cobalah mencari sebanyak mungkin mural dan grafiti yang dapat Anda temukan di lorong-lorong dan jalan-jalan Jogja.

Jalan-jalan dengan penampakan seni jalanan meliputi gang di dekat Malioboro, Jl. Prawirotaman, Jl. Tirtodipuran, Jl. Gejayan, Jl. Pathuk, Jl. Dl Panjaitan, Stadion Kridosono, dan Kampung Cyber.

Berbelanja di Malioboro sebagai You Try the Street Food

Dulu merupakan jalan seremonial, jalan di jantung kota Yogyakarta ini sekarang menjadi jalan perbelanjaan terkenal yang dipenuhi barisan toko-toko yang menjual barang-barang lokal, makanan jalanan, cendera mata, dan banyak produk lainnya.

Anda pasti akan kewalahan dengan semua hal yang akan Anda lihat dan cium, jadi berjalanlah dengan langkah Anda sendiri dan berharap Anda tidak meninggalkan Jalan Malioboro dengan tangan kosong!

Rekomendasi Editor: Berbicara tentang makanan, jika Anda penggemar ayam goreng, Anda HARUS pergi ke Ayam Goreng Suharti saat berada di Yogyakarta. Percayalah pada yang satu ini! Agak jauh tapi sangat layak untuk dikendarai. Untuk alat transportasi, anda bisa baca tips ini

Taman Sari

Meskipun digunakan untuk beberapa keperluan oleh Sultan dan keluarga kerajaan, Taman Sari yang terletak di dekat Kraton (Istana Kerajaan Yogyakarta) menjadi terkenal karena kolam pemandian yang digunakan oleh Sultan dan para Putri.

Di sinilah Sultan akan “berburu” untuk penaklukan dua kakinya. Pengunjung juga menjadi terpesona oleh terowongan bawah tanah dan masjid.

Kunjungi Museum Ullen Sentalu

Jika Anda suka mengunjungi museum, maka Museum Ullen Sentalu harus ada dalam daftar Anda ketika mengunjungi Yogyakarta. Anda akan belajar tentang sejarah, seni, dan budaya Jawa dari koleksi yang dipamerkan di museum.

Koleksi di sini berasal dari keluarga Kerajaan dan hanya ada area yang ditunjuk yang dapat Anda ambil fotonya. Dinding dan lantainya terbuat dari batu yang dimuntahkan dari letusan Gunung Merapi. Museum ini terletak di resor pegunungan Kaliurang.

Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran

Penggemar hiking juga dapat mengunjungi Gunung Nglanggeran di Pathuk, Gunung Kidul untuk mendapatkan udara segar dan pemandangan menakjubkan. Gunung berapi purba adalah situs ekowisata dan ada banyak sudut pandang yang tersedia.

Pastikan untuk memperhatikan formasi karst, sawah, gunung-gunung lain di sekitar area, dan bendungan buatan manusia di atas bukit. Pengunjung juga dapat berkemah, menonton matahari terbit atau terbenam, mencari mata air Comberan, dan mempelajari alasan mengapa selalu ada 7 keluarga yang tinggal di puncak gunung berapi purba.

Semoga artikel ini memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana menghabiskan waktu Anda di Yogyakarta. Penuh dengan kehidupan, budaya, dan sejarah setempat, Yogyakarta adalah salah satu tempat favorit saya di Indonesia dan merupakan tempat yang saya sangat menyarankan Anda mampir untuk berkunjung.

Yogyakarta, atau Yogyakarta, menjadi populer bagi para pelancong sebagai pintu gerbang untuk melihat Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tetapi Daerah Istimewa di Jawa ini sebenarnya memiliki lebih banyak untuk ditawarkan selain kuil.

Sebagai satu-satunya daerah yang tersisa yang masih diperintah oleh seorang Sultan, monarki Yogyakarta memainkan peran besar dalam sejarah dan warisan budayanya yang penuh warna.

Rekomendasi Adventure in You: Tempat Menginap di Yogyakarta
Tidak tahu harus tinggal di mana di Yogyakarta? Berikut adalah beberapa hostel dan hotel yang menawarkan nilai terbaik untuk uang di Jawa di semua harga kamar.

Hotel Murah di Yogyakarta

The Patio Yogya — Warisan B & B / homestay dengan nilai tinggi ini terletak di rumah bergaya kolonial Belanda yang menampilkan teras luas dengan jacuzzi dan tas kacang. Anda akan menyukai kenyataan bahwa The Patio Yogya terletak di daerah yang tenang di pusat kota tua.

Kamar-kamarnya layak untuk Instagram karena didekorasi dengan karya-karya seniman lokal dan tempat tidur yang nyaman. Hostel ini menyajikan sarapan tradisional atau sarapan saat bepergian.

The Packer Lodge Yogyakarta– Terletak di jantung “Yogya,” hostel ramah lingkungan ini adalah pilihan yang cocok jika Anda ingin berada dekat objek wisata budaya seperti Kraton (Istana Sultan Yogyakarta). Packer Lodge dilengkapi dengan semua asrama, termasuk tempat liburan untuk beberapa waktu “saya”. Catat acara asrama di mana Anda dapat bergaul dengan para tamu lainnya.

Menengah di Yogyakarta

Hotel Neo Malioboro– Dekat Malioboro Mall dan Jalan Malioboro, kamar-kamar yang ditawarkan di hotel ini modern dan bergaya. Itu juga tepat di sebelah stasiun kereta api, yang nyaman bagi Anda jika Anda berniat pergi ke tempat-tempat menarik di Yogya.

Hotel Neo juga memiliki antar-jemput bandara dan layanan binatu sesuai kenyamanan Anda dengan biaya tambahan. Atau Anda dapat menggunakan layanan rental mobil di Jogja yang cukup banyak tersedia.

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store