10 Plugin Optimasi Gambar Terbaru Mempercepat Loading WordPress — DOOPLAN

Image for post
Image for post

Jika Anda membangun website berbasis CMS wordpress, Anda membutuhkan plugin optimasi gambar terbaik. Sehingga kecepatan loading situs menjadi lebih cepat.

Gambar memiliki peranan penting dari sisi desain. Karena dapat memberi jutaan cerita pada pengguna. Oke, kita harus sepakat tentang ini.

Namun, gambar akan memberi beban lebih yang berpengaruh pada kecepat loading situs. Solusinya adalah gambar harus dikompresi terlebih dahulu, sebelum diupload. Plugin optimasi gambar terbaik ini akan membantu melakukannya secara otomatis.

Plugin Optimasi Gambar Terbaik WordPress

Mari kita langsung saja untuk memulai. Berikut adalah beberapa opsi plugin optimasi gambar yang dapat Anda pilih. Gunakan salah satunya. Karena 2 plugin atau lebih untuk fungsi yang sama, bukan berarti akan memberi efek hebat. Justru akan memberi beban tinggi. Alih-alih menjadi cepat, situs Anda akan menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

1. Smush Image

Image for post
Image for post

Smush Image adalah plugin terbaik pertama yang dapat Anda pilih untuk mengoptimalkan gambar. Baik secara secara individual atau secara massal. Plugin ini tersedia versi gratis dimana telah memungkinkan untuk kompresi gambar berukuran 1MB. (untuk lebih besar, atau 5MB gunakan versi berbayar)

Ini adalah plugin optimasi gambar yang mudah untuk pemula. Jika menginstal plugin ini, Anda hanya perlu mengaktifkannya lalu setting ke Pengaturan> Media. Maka secara otomasi plugin ini akan mengoptimalkan semua gambar Anda yang ada.

Gambar baru apa pun yang Anda unggah akan dioptimalkan secara otomatis selama plugin terpasang.

Image for post
Image for post

Optimus adalah plugin untuk mengoptimalkan gambar yang cukup hebat. Dan jika bandwidth menjadi perhatian terbesar Anda, plugin ini akan mengupload gambar 70% server Optimus. Lalu, mengirimkan versi baru yang lebih kecil untuk digunakan di situs Anda.

Hebatnya lagi, walau pun gambar sudah di kompress itu tidak mengubah kualitas. Plugin ini bekerja secara otomatis memproses gambar saat diunggah. Juga tersedia opsi untuk menghentikan pengoptimalan otomatis, jika diinginkan.

3. EWWW Image Optimizer

Fungsi EWWW mirip dengan Smush Image karena secara otomatis mengoptimalkan gambar saat Anda mengunggahnya ke situs Anda. Tidak hanya itu, juga tersedia opsi untuk mengoptimalkan gambar yang diunggah sebelumnya juga.

4. ShortPixel Image Optimizer

Image for post
Image for post

ShortPixel menawarkan dua solusi penting untuk mengkompres gambar. Yaitu;

Bagian terbaik dari plugin ini adalah ia menyimpan salinan asli gambar, membuatnya mudah dipulihkan jika diperlukan.

5. Compress JPEG & PNG Images

Image for post
Image for post

Compress JPEG & PNG Images secara otomatis mengoptimasi gambar dengan cara mengintegrasikan situs Anda dengan layanan kompresi gambar populer TinyJPG dan TinyPNG.

Alat ini menganalisis konten gambar secara canggih dan memilih strategi kompresi terbaik tanpa mengurangi kualitas. Termasuk mengompresi metadata, distracting artifacts dan menghapus data yang berlebihan.

6. Imsanity

Image for post
Image for post

Imsanity adalah plugin kompresi gambar yang unik. Dimana Anda dapat menentukan lebar, tinggi, dan tingkat kualitas maksimal, serta akan mendeteksi dan memampatkan secara otomasi gambar apa pun yang melebihi parameter tersebut.

Plugin ini ideal untuk situs web yang memiliki persyaratan gambar yang tidak terlalu ketat. Ini juga menawarkan fitur pengubahan ukuran massal untuk gambar yang diunggah sebelumnya. Tidak hanya itu, Imsanity dapat mengonversi jenis file yang kurang dioptimalkan (seperti BMP dan PNG) ke format JPG.

7. Imagify

Image for post
Image for post

Imagify adalah plugin optimasi gambar yang kompatibel dengan WooCommerce, Galeri NextGen, dan plugin lainnya. Ini sangat ideal jika Anda memiliki situs yang banyak gambar. Termasuk situs toko online.

Imagify bekerja dengan mengompresi ketika dalam tahap upload. Anda dapat memilih cara kompresi berdasarkan tiga tingkat yaitu; normal, agresif, dan ultra. Sehingga memberi lebih banyak kekuatan pada tingkat kualitas dan ukuran file outputnya. Selain itu, Imagify memiliki opsi cadangan di mana Anda dapat memulihkan versi asli, jika dibutuhkan.

8. reSmush.it Image Optimizer

reSmush.it Image Optimizer adalah plugin WordPress resmi untuk kompresor gambar reSmush.it yang mendukung tidak hanya WordPress tetapi juga Drupal, Joomla, Magento, Prestashop, dan banyak lagi.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengompres gambar hingga 5MB secara gratis, dan Anda dapat mengoptimalkan gambar secara massal hanya dengan 2 klik. Ini membuat salinan dari gambar asli dan mengerjakan salinan itu untuk kompresi, memastikan bahwa Anda tidak pernah kehilangan aslinya.

9. WP Retina 2x

WP Retina 2x adalah plugin yang mengkhususkan diri dalam membuat gambar untuk setiap perangkat. Ini dilakukan melalui metode Gambar Responsif dan PictureFill yang membuat file gambar yang diperlukan dan kemudian menampilkannya kepada pengunjung Anda sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Ia juga menawarkan fitur Lazy Loading, yang sangat penting untuk membantu kecepatan memuat halaman.

10. Kraken.io Image Optimizer

Kraken.io Image Optimizer adalah plugin resmi yang bekerja dengan API Kraken.io. Kraken merupakan solusi pengoptimalan gambar di samping fitur lain seperti Page Cruncher dan kompatibilitas Dropbox.

Plugin itu sendiri secara otomatis mengubah ukuran gambar saat diunggah berdasarkan dimensi maksimum yang ditentukan, dan memiliki menu kompresi secara massal untuk menangani beberapa gambar sekaligus. Pengoptimalan dilakukan melalui infrastruktur Kraken dan menambahkan output ke perpustakaan WordPress Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa plugin optimasi gambar terbaik dan plugin untuk mempercepat loading situs. Sekali lagi, Anda tidak harus menggunakannya semuanya. Pilih salah satu atau beberapa yang benar-benar penting.

Penggunaan plugin yang berlebihan justru akan meningkatkan loading situs.

Originally published at https://dooplan.com on November 15, 2020.

Written by

Saya adalah pekerja di https://www.garuda.website/ sebuah web developer dan Jasa SEO Profesional. Saya menyukai proses pekerjaan dalam optimasi website

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store